PANTAI INDRAYANTI

Pantai Indrayanti Jogja, salah satu objek wisata pantai yang patut anda kunjungi di Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini sangat populer, dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Pantai Indrayanti, begitulah masyarakat setempat ataupun wisatawan menyebut pantai yang indah nan romantis ini.

Wisata Alam Pantai Indrayanti
Instagram by @pesonayogya

Tetapi, apakah anda tahu sejarah Pantai Indrayanti Gunung kidul Yogyakarta yang begitu ramai itu?? Nyatanya, bahwa nama itu diambil dari sebuah nama pemilik restoran yang cukup terkenal di lokasi terdekat pantai tersebut. Sebelumnya, restoran itu memang sudah sangat ramai pengunjung. Bermula dari papan nama “Indrayanti” yang terpasang di depan restoran sehingga orang-orang sendiri yang kemudian menyebut pantainya dengan nama Pantai Indrayanti.

Padahal pantai ini sudah resmi disebut pemerintah daerah sebagai Pantai Pulang Syawal. Akan tetapi, nama Indrayanti justru sudah sangat melekat di kalangan wisatawan baik yang dari lokal maupun luar. Jadi, tetap saja mereka menyebut dengan pantai Indrayanti. Sedang pantai Pulang Syawal kurang familiar di telinga mereka.

Jarak Malioboro ke Pantai Indrayanti adalah 66 KM atau setara dengan perjalanan roda dua sekita 1 jam 55 menit.

 

Alamat Pantai Indrayanti Yogyakarta ini berada di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Gunungkidul ini sangat berdekatan dengan destinasi yang familiar lainnya di Gunungkidul Jogja, yaitu Pantai Baron dan Pantai Krakal.

Lokasi Pantai Indrayanti Wonosari tepat berada di sisi timur Pantai Sundak, untuk lebih tepatnya bisa dilihat di Peta Pantai Indrayanti. Adanya perbukitan karang telah membatasi keduanya keindahan panorama yang ditawarkan Pantai Indarayati cukup unik dibanding pantai lainnya di Gunungkidul itu menjadi panorama tersendiri di jalan menuju Pantai Indrayanti. Bukan hanya bentang pasir putih yang sangat mempesona itu atau megahnya perbukitan batuan karang, tetapi kejernihan air lautnya hingga tampak biru bersih sangat menarik untuk menceburkan diri di sana.

Airnya memang belum terkontaminasi dengan aneka limbah. Tidak heran jika para penikmat perjalanan selalu sangat senang berenang dan bermain-main air di Pantai tersebut.

Tempat Wisata di Pantai IndrayantiInstagram by @setianirahma

Selain itu, dari pihak swasta juga yang turut berperan aktif mengambil bagian dalam pengelolaan Pantai Indrayanti Gunungkidul sehingga membawa dampak positif. Kawasan pantai yang terjaga kebersihannya, bahkan sampai sepanjang garis pantai pun bebas dari sampah adalah menjadi bukti dari penjagaan tersebut.

Tinggalkan komentar